Sejumlah 31 mahasiswa/i Prodi Tasawuf dan Psikoterapi Semester 7 telah melaksanakan perkuliahan praktikum pada Mata Kuliah Praktikum Konseling dan Terapi. Mahasiswa/i semester 7 ini terlihat sangat antusias mengikuti praktikum, hal ini dibuktikan dari kostum yang dipakai mahasiswa/i dalam berperan menjalankan roleplay.

Kegiatan Praktikum ini adalah proses mengaplikasikan teori-teori yang telah didapatkan mahasiswa/i selama menempuh pendidikan di Prodi Tasawuf dan Psikoterapi sekaligus sebagai modal persiapan mahasiswa/i melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) nanti. Konsep konseling dan terapi telah mereka dapatkan selama proses perkuliahan teori.

Perkuliahan Praktikum ini dibagi menjadi 5 kelompok dengan kelompok pertama bercerita tentang konseling pada remaja, yang mana mahasiwi berperan sebagai anak SMA memakai baju SMA sesungguhnya untuk menunjukkan profesionalitas dalam berperan. Dilanjut kelompok kedua bercerita tentang konseling kelompok, yang berperan sebagai konselor telah berpenampilan profesional dalam berakting. Lalu kelompok ketiga dan keempat bercerita tentang terapi di Rumah Sakit pada pasien sakit. Serta kelompok terakhir bercerita tentang terapi di Lapas, mahasiswa bernama Tiro memakai pakaian yang sesuai untuk memerankan diri sebagai kepala lapas serta teman-teman lainnya yang berperan sebagai tahanan dan terapis.

Ners. Kholis Khoirul Huda, M.Tr.Kep dosen pengampu mata kuliah praktikum konseling dan terapi mengatakan “mahasiswa/i dikelas ini sangat aktif, mengerjakan tugasnya dengan baik, dapat melaksanakan praktikum dengan bagus, semua kelompok bagus-bagus dalam mempraktikkan peran yang didapatkan sesuai topik, harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan skill mahasiswa/i dan meningkatkan kesiapan mahasiswa/i”.