Mahasiswa Semester 7 Prodi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung telah melaksanakan Praktik di klinik Utama Lions. Klinik Utama Lions merupakan Klinik Hemodialisa (Cuci darah) bagi pasien-pasien gagal ginjal kronik, klinik ini terletak di Kecamatan Tanjungkarang Pusat Kota Bandar Lampung. Praktik klinik mahasiswa ini dilaksanakan selama satu minggu, mulai tanggal 10 Oktober sampai 15 Oktober 2022.

Praktik di klinik ini merupakan serangkaian kegiatan Mata Kuliah Praktikum Konseling dan Terapi. Setelah mahasiswa melaksanakan roleplay (simulasi) dikelas sesuai dengan kasus yang dibagi, selanjutnya mahasiswa melaksanakan Praktik di Klinik Hemodialisa ini, yang bertujuan untuk mengaplikasikan langsung teori-teori yang sudah didapatkan kepada pasien. Teori konseling dan terapi tasawuf sudah mahasiswa dapatkan selama proses perkuliahan dikelas, kegiatan praktik di klinik ini harapannya dapat meningkatkan skill dan keterampilan mahasiswa serta membentuk mental dalam menghadapi pasien.

Mahasiswa mengatakan “Senang bisa praktik di klinik hemodialisa ini karena dapat bertemu pasien langsung dan bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan selama perkuliahan. Awalnya gerogi, bingung dan takut, namun setelah dicoba menjadi terbiasa dan lebih percaya diri”

Mahasiswa terlihat akrab dan nyaman saat berinteraksi dengan pasien, perawat dan dokter di Kinik ini pun sangat mendukung kehadiran mahasiswa Prodi TP dalam melaksanakan praktik. “Sepertinya praktik disini terasa kurang karena hanya dilaksanakan selama seminggu. Semoga kedepan ada mahasiswa yang praktik disini lagi dengan durasi waktu lebih lama karena ini sangat bermanfaat” ungkap salah satu perawat.

(KK.FU)