Beberapa point dari Tri Dharma Perguruan tinggi adalah melaksanakan riset, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini memiliki tujuan mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan menyelesaikan suatu masalah yang ada di dalamnya. Pelaksanaan dari point tersebut salah satunya adalah kegaiatan yang dilakuka oleh Mahasiswa Semester 5 Prodi Tasawuf dan Psikoterapi UIN RIL yakni melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen bersama Mahasiswa guna untuk menerapkan Topik Materi Terapi Bermain Pada anak di Mentari Daycare & Preschool

Pogram pengabdian antara dosen dan mahasiswa ini dimaksudkan untuk memacu kerjasama antara dosen dan mahasiswa, selain itu juga bertujuan untuk membina dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kemandirian dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian mandiri ini dapat dilaksanakan secara kelompok yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.

Melalui kegiatan ini suasana akademik yang lebih kondusif akan terus terjaga dan ditingkatkan sehingga baik dosen mapun mahasiswa merasa nyaman dan senang di kampus terutama di laboratorium, galeri, dan bengkel dalam berkreativitas ilmiah dan pengabdian masyarakat. Kreativitas ilmiah dalam penelitian dan pengabdian masyarakat kerjasama dosen dan mahasiswa memberikan kepercayaan diri yang tinggi bagi dosen dan mahasiswa dalam berkompetisi dalam tingkat dalam negeri maupun diluar negeri.